Deskripsi Mata Kuliah
Isi perkuliahan mencakup : Konsep, dasar, prinsip, metode dan langkah-langkah penelitian pendidikan; Pemetaan masalah, studi kepustakaan, pemilihan dan perumusan masalah penelitian dalam kurikulum dan pengajaran; Pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif, metode : deskriptif-survai, korelasional, komparatif, eksperimen, penelitian tindakan, penelitian dan pengembangan; Perumusan tujuan, variabel, hipotesis, populasi-sampel dan instrumen penelitian; Penyusunan proposal penelitian dalam kurikulum dan pengajaran, desain penelitian kuantitatif dan kualitatif.Silabus
TUJUAN MATA KULIAHSelesai mengikuti kuliah ini para mahasiswa diharapkan mampu :
- Menjelaskan konsep, dasar-dasar, prinsip, tujuan, kegunaan, macam-macam metode dan langkah-langkah penelitian dalam kurikulum dan pengajaran
- Menetapkan masalah-masalah kurikulum dan pengajaran, melakukan studi pustaka tentang penelitian yang lalu, memilih dan merumuskan masalah yang layak diteliti dalam penulisan tesis
- Menjelaskan pendekatan : Kuantitatif dan kualitatif; metode; deskriptif-survai, korelasional, komparatif, eksperimen, penelitian tindakan, penelitian dan pengembangan
- Menyusun draf proposal penelitian untuk penulisan tesis
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Ekspositori dan inkuiri, dengan
Metode : ceramah, tanya jawab, penyajian & diskusi, latihan
Tugas : annotated bibliography & makalah : penyusunan proposal tesis
Media : OHP, LCD/power point, dan contoh proposal
EVALUASI
Kehadiran
Penyajian & diskusi
Annotated Bibliography
Makalah/proposal
UTS
UAS
RINCIAN MATERI PERKULIAHAN TIAP PERTEMUAN
Pertemuan 1 Tujuan, lingkup, sumber, kegiatan dan tugas-tugas perkuliahan.
Pertemuan 2 Makna, Karakteristik, Langkah-langkah dan jenis-jenis penelitian
Pertemuan 3 Ruang Lingkup Penelitian Pendidikan, Kurikulum, dan Pembelajaran
Pertemuan 4 Penelitian kuantitatif dan kualitatif
Pertemuan 5 Metode penelitian deksriptif-survai dan penelitian tindakan
Pertemuan 6 Metode penelitian korelasional, kausal komparatif dan evaluatif
Pertemuan 7 Metode penelitian eksperimen dan penelitian – pengembangan
Pertemuan 8 Ujian tengah semester
Pertemuan 9 Merumuskan masalah
Pertemuan 10 Pemilihan sampel
Pertemuan 11 Teknik Pengumpulan Data dan Pengukuran
Pertemuan 12 Penyusunan instrumen, macam instrumen
Pertemuan 13 Disain Penelitian
Pertemuan 14 Proposal/Desain penelitian kuantitatif
Pertemuan 15 Proposal/Desain penelitian kualitatif
Pertemuan 16 Ujian akhir semester
DAFTAR BUKU
Fraenkel, Jack R. And Wallen, Norman E.(1993). How to Design and Evaluate Research in education. New York: McGraw Hill Inc.
Sukmadinata, Nana Sy. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Roosdakarya
Bogdan, R.C. and Biklen, S.K. (1992). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon.
Gall, M.D. & Gall, J.P. & Borg, W.R. (1989). Education Research: An Introduction. Boston. New York: Allyn and Bacon.
Sedlack, R. Guy and Stanley, Jay. (1992). Social Research: Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon.
McNiff, Jean. (1995). Action Research: Principles and Practice. London: Routledge.
0 comments:
Post a Comment