Tuesday, December 8, 2009

BAB I

PENDAHULUAN

Perkembangan perpustakaan tidak dapat dipisahkan dari sejarah manusia karena perpustakaan merupakan produk manusia.

Setiap perpustakaan, baik kecil maupun besar perlu diatur dengan sesuatu system agar dapat memberi pelayanan yang baik kepada masyarakat penggunanya. Setiap orang mengharapkan pelayanan yang baik, demikian pula pemakai perpustakaan. Pelayanan dikatakan baik apabila dapat dilakukan dengan :

1) Cepat, artinya untuk memperoleh layanan, orang tidak perlu menunggu terlalu lama.

2) Tepat waktu, artinya orang dapat memperoleh kebutuhannya tepat pada waktunya.

3) Benar, artinya pelayanan membantu perolehan sesuatu sesuai dengan yang dibutuhkan.

Baik buruknya suatu perpustakaan terutama ditentukan oleh kepuasan pembaca. Sedangkan kepuasan pembaca ditentukan oleh layanan yang diperolehnya dari perpustakaan.

Perpustakaan berusaha sekuat tenaga agar pembaca dapat memperoleh informasi dengan cepat dan mudah untuk menemukan bahan pustaka yang mereka cari.

BAB II

FUNGSI DAN TUJUAN LAYANAN PERPUSTAKAAN

  1. Pengetian Layanan Perpustakaan

Menurut Nasution (1990, 139) ”perpustakaan adalah pelayanan. Pelayanan berarti kesibukan, bahan-bahan pustaka harus sewaktu-waktu tersedia bagi mereka yang memerlukannya;...”. jelas bahwa perpustakaan identik dengan pelayanan.

Dari definisi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwasannya, pelayanan perpustakaan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh pustakawan dalam memberikan pelayanan bagi pengguna (user) mengenai informasi bahan-bahan (koleksi) baik itu berbentuk buku maupun nonbuku.

  1. Fungsi dan Tujuan Pelayanan Perpustakaan

@ Fungsi pelayanan perpustakaan

Adapun funsi dari pelayanan perpustakaan meliputi :

  1. Perpustakaan harus dapat memberikan informasi kepada pembaca
  2. Memberikan kesempatan kepada pembaca untuk mengadakan penelitian
  3. Mempertemukan pembaca dengan bahan pustaka yang mereka minati
  4. Menyelenggarakan kegiatan yang membuat pembaca senang datang keperpustakaan
  5. Pengadaan bahan-bahan pustaka yang dikehendaki pengguna sesuai dengan kebutuhan informasi

Disamping fungsi dari pelayanan perpustakaan, perpustakaan juga harus memperhatikan fungsi dari perpustakaan itu sendiri. Adapun fungsi dari perpustakaan meliputi :

  1. Fungsi Informasi

Bagi anggota masyarakat yang memerlukan informasi dapat memintanya ataupun menanyakannya ke perpustakaan. Informasi yang diminta dapat berupa informasi mengenai tugas sehari-hari, pelajaran maupun informasi lainnya. Dengan koleksi yang tersedia, perpustakaan harus berusaha menjawab setiap pertanyaan yang diajukan ke perpustakaan. Bila tidak terjawab, dapat minta bantuan ke perpustakaan lain yang dianggap mampu menjawab pertanyaan tersebut karena pada hakekatnya semua perpustakaan melaksanakan fungsi informasinya.

  1. Fungsi Pendidikan

Perpustakaan merupakan sarana pendidikan nonformal dan informal, artinya perpustakaan merupakan tempat belajar diluar bangku sekolah maupun juga tempat belajar dalam lingkungan pendidikan sekolah. Dalam hal ini, yang berkaitan dengan pendidikan nonformal ialah perpustakaan umum, sedangkan yang berkaitan dengan pendidikan informal ialah perpustakaan sekolah dan perpustakaan perguruan tinggi.

  1. Fungsi Sarana Simpan Karya Manusia

Perpustakaan berfungsi sebagai tempat menyimpan karya manusia, khususnya karya cetak seperti buku, majalah, dan sejenisnya serta karya rekaman seperti kaset, piringan hitam, dan sejenisnya. Perpustakaan berfungsi sebagai ’arsip umum’ bagi produk masyarakat berupa buku dalam arti luas. Dalam kaitannya dengan fungsi simpan, perpustakaan bertugas menyimpan khazanah budaya hasil masyarakat. Salah satu jenis perpustakaan yang benar-benar berfungsi sebagai sarana sinpan pinjam adalah perpustakaan nasional.

  1. Fungsi Kultural

Perpustakaan merupakan tempat untuk mendidik dan mengembangkan apresiasi budaya masyarakat. Pendidikan ini dapat dilakukan dengan cara menyelenggarakan pameran, ceramah, pertunjukkan kesenian, pemutaran film bahkan bercerita untuk anak-anak. Dengan cara demikian, masyarakat dididdik mengenal budayanya.

  1. Fungsi rekreasi

Masyarakat dapat menikmati rekreasi kutural dengan cara membaca dan baca ini disediakan oleh perpustakaan. Fungsi rekreasi ini tampak nyata pada perpustakaan umum yaitu perpustakaan yang dikelola dengan dana umum serta terbuka untuk umum. Umum artinya setiap orang tanpa memandang perbedaan jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama, dan warna kulit. Dalam menjalankan fungsi rekreasi ini maka perpustakaan menjalin kerjasama dengan berbagai komponen seperti penulis yang menulis buku, penerbit yang menerbitkan buku, produsen kertas, toko buku, unsur pembaca yang berasal dari semua pihak dan dengan sendirinya juga pengelola perpustakaan.

@ Tujuan pelayanan perpustakaan

Tujuan dari pelayanan perpustakaan adalah melayani pembaca memperoleh bahan perpustakaan yang mereka perlukan, agar pengguna (user) mengetahui apa yang ada di perpustakaan maupun kegiatan-kegiatan perpustakaan yang lain, misalnya kegiatan promosi perpustakaan.

Bahan pustaka yang banyak tetapi tidak dipakai oleh siapa pun dengan alasan apa pun, merupakan kekeliruan yang besar. Pelayanan yang diberikan dengan memperhatikan kepuasan pengguna merupakan tahap awal dalam keberhasilan suatu perpustakaan.

C. Macam-macam Pelayanan Perpustakaan

Ada 2 (dua) macam layanan perpustakaan, yaitu :

1. Layanan teknis, merupakan pekerjaan perpustakaan dalam mempersiapkan buku agar nantinya dapat digunakan untuk menyelenggarakan layanan pembaca.

2. Layanan pembaca, merupakan kegiatan untuk memberikan jasa layanan kepada pembaca, yaitu anggota perpustakaan.

5 (lima) jenis perpustakaan dan cara memberikan pelayanan kepada pengguna (user), meliputi :

@ Perpustakaan sekolah

Memberikan layanan kepada pembaca di sekolah meliputi murid, guru, kepala sekolah, dan staff administrasi lainnya. Selain itu jika diperkenankan memberikan layanan kepada orang tua murid. Layanan untuk guru terutama ditekankan agar bahan pengajaranyang mereka berikan siap di perpustakaan.

Dengan menyediakan bahan pustaka dan ruang untuk membaca, diskusi, dan berbagai fasilitas untuk mengembangkan pengetahuan, guru akan dipacu untuk berpenampilan yang lebih baik dan berwibawa.

@ Perpustakaaan umum

Memberikan pelayanan kepada masyarakat umum, yaitu mereka yang tinggal di suatu lingkungan masyarakat tempat perpustakaan berada. Walaupun dapat memberikan layanan kepada mereka yang tidak berdomisili di lingkungan tertentu, menurut kategori tertentu dapat menjadi anggota dari suatu perpustakaan umum. Karena itu, koleksi perpustakaan umum harus lengkap, dari bahan yang bersifat rekreasi sampai bahan untuk penelitian.

@ Perpustakaan khusus

Memberikan pelayanan kepada sekelompok khusus, dalam bidang yang khusus pula. Yang termasuk dalam kelompok khusus ini antara lain perpustakaan departemen dan perpustakaan perusahaan. Yang dilayani adalah mereka yang bekerja pada departemen dan perusahaan tersebut.

@ Perpustakaan perguruan tinggi

Memberikan pelayanan kepada seluruh sivitas akademik perguruan tinggi, yang terdiri atas mahasiswa, dosen, peneliti, guru besar, pimpinan, serta seluruh staf administrasi dan akademik. Layanan perpustakaan harus menunjang tridarma perguruan tinggi.

@ Perpustakaan nasional

Fungsi utamanya adalah sebagai perpustakaan deposit, yakni menyimpan semua bahan publikasi yang pernah diterbitkan disuatu negara. Kegiatan ini ditujang oleh undang-undang wajib simpan serah-karya cetak. Fungsi lain sebagai perpustakaan penelitian. Bahan pustaka yang harus dimiliki adalah segala macam bahan yang pernah diterbitkan.

Lima jenis perpustakaan di atas, masing-masing melayani anggota yang berbeda. Tetapi pada dasarnya layanan perpustakaan adalah sama, yaitu memberikan bantuan kepada pembaca untuk memperoleh bahan pustaka sesuai minat dan perhatian mereka. Jadi, perpustakaan adalah sebuah tempat yang mempertemukan pembaca dan bahan yang dicarinya.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Pelayanan dikatakan baik apabila dapat dilakukan dengan :

Ä Cepat, artinya untuk memperoleh layanan, orang tidak perlu menunggu terlalu lama.

Ä Tepat waktu, artinya orang dapat memperoleh kebutuhannya tepat pada waktunya.

Ä Benar, artinya pelayanan membantu perolehan sesuatu sesuai dengan yang dibutuhkan.

pelayanan perpustakaan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh pustakawan dalam memberikan pelayanan bagi pengguna (user) mengenai informasi bahan-bahan (koleksi) baik itu berbentuk buku maupun nonbuku.

@ Fungsi pelayanan perpustakaan

Adapun funsi dari pelayanan perpustakaan meliputi :

  1. Perpustakaan harus dapat memberikan informasi kepada pembaca
  2. Memberikan kesempatan kepada pembaca untuk mengadakan penelitian
  3. Mempertemukan pembaca dengan bahan pustaka yang mereka minati
  4. Menyelenggarakan kegiatan yang membuat pembaca senang datang keperpustakaan
  5. Pengadaan bahan-bahan pustaka yang dikehendaki pengguna sesuai dengan kebutuhan informasi

@ Tujuan pelayanan perpustakaan

Tujuan dari pelayanan perpustakaan adalah melayani pembaca memperoleh bahan perpustakaan yang mereka perlukan, agar pengguna (user) mengetahui apa yang ada di perpustakaan maupun kegiatan-kegiatan perpustakaan yang lain, misalnya kegiatan promosi perpustakaan.

Ada 2 (dua) macam layanan perpustakaan, yaitu :

1. Layanan teknis, merupakan pekerjaan perpustakaan dalam mempersiapkan buku agar nantinya dapat digunakan untuk menyelenggarakan layanan pembaca.

2. Layanan pembaca, merupakan kegiatan untuk memberikan jasa layanan kepada pembaca, yaitu anggota perpustakaan.

DAFTAR PUSTAKA

Sulistyo-Basuki. 1993. PENGANTAR ILMU PERPUSTAKAAN. Jakarta : PT Gramedia pustaka umum.

Martoatmojo, karmidi. PELAYANAN BAHAN PUSTAKA. Jakarta : universitas terbuka.

Soeatminah. 1991. PERPUSTAKAAN, KEPUSTAKAWANAN, PUSTAKAWAN. Yogyakarta : kanisius.

0 comments:

Post a Comment