Salah  satu sifat manusia yang dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa adalah  sifat ingin tahu. Sejak kecil, dengan dilengkapi kepandaian menggunakan  tangan dan kakinya, ia berusaha ingin tahu segala sesuatu yang ada di  sekitar dan lingkungan tempat tinggalnya. Semakin tumbuh dewasa dan  berkembang kepandaiannya melalui pendidikan orang tuanya, semakin besar  keingintahuannya. Dan segala sesuatu yang ingin diketahuinya adalah yang  lebih rumit dan tentu saja memerlukan penguasaan berpikir dan berbahasa  yang semakin rumit pula. 
Hakikat Ilmu dan penelitian ilmiah
Seringkali keingintahuannya tersebut dinyatakan dalam bentuk pertanyaan atau permasalahan. Dan setiap pertanyaan atau permasalahan itu ia mengharapkan jawaban atau pemecahan. Maka sifat manusia lainnya yang dianugerahkan adalah usaha untuk mengetahui jawaban atau memperoleh pemecahan masalah. Dan tentunya, jawaban atau pemecahan yang diperoleh tersebut adalah suatu kenyataan yang benar mengenai masalah tersebut.
 
Penelitian atau research berasal dari kata re dan to search yang berarti mencari kembali yang menunjukkan adanya proses berbentuk siklus bersusun yang selalu berkesinambungan.. Penelitian dimulai dari hasrat keingintahuan dan permasalahan, dilanjutkan dengan pengkajian landasan teoritis yang terdapat dalam kepustakaan untuk mendapatkan jawaban sementara atau hipotesis. Selanjutnya direncanakan dan dilakukan pengumpulan data untuk menguji hipotesis yang akan diperoleh kesimpulan dan jawaban permasalahan. Dalam proses pemecahan masalah dan dari jawaban permasalahan tersebut akan timbul permasalahan baru, sehingga akan terjadi siklus secara berkesinambungan.
Apabila seorang mahasiswa menghadapi dosen pembimbingnya dan telah mendapat tanda oke mengenai proposal skripsinya hatinya lega dan lepas stress-nya. Masalahnya kalau sang mahasiswa yang bersangkutan lekas puas dan menyusun proposal segala-galanya maka setelah proposal disetujui lalu menjadi kendor semangatnya.
Memang bagi sebagian mahasiswa persetujuan proposal sangat menggembirakan. Mereka menyadari bahwasanya baru sebagian kecil saja yang selesai. didepannya masih terbentang "hutan lebat dan pekat" yang harus dijelajahi, sehingga banyak mahasiswa yang bingung.
 
Borg dan Gall (1979:47) penelitian sebagai hutan yang openuh dengan lembah. barangkali saja jenis dan banyaknya pohon dan telah dikenali dengan baik namun siapa tahu diantara pohon-pohon tersebut terdapat jurang dn lembah yang tertutup reruntuhan daun dan ranting. Apa yang harus dinasehatkan padanya.
 
 
 
 
Penelitian  pendidikan merupakan suatu kegiatan yang diarahkan kepada pengembangan  pengetahuai ilmiah tentang kejadian-kejadian yang menarik perhatian  pendidikan (Travers, 1969:5) yang tujuannya adalah menemukan  prinsip-prinsip umum atau penafsiran tingkah laku yang dapat dipakai  untuk menerangkan, meramalkan dan mengendalikan kejadian-kejadian dalam  lingkungan pendidikan.
Hakikat metode penelitian
Metode penelitian sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Ada kata kunci yang perlu dipahami yaitu cara ilmiah, data, tujuan dan kegunaan.
Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian itu didasarkan pada ciri-ciri keilmuan yaitu kegiatan penelitian itu dilakukan dengan cara-cara yang masuk akal sehingga terjangkau oleh penlaran manusia (rasional), kemudian cara-cara yang dilakukan itu dapat idamati oleh indera manusia, sehingga orang lain dapat mengamati dan mengetahui cara-cara yang digunakan (empiris), dan bisa dikatakan ilmiah kalau proses yang digunkan dalam penelitian itu menggunakan langkah-langkah tertentu yang bersifat logis (sistematis)
Data yang diperoleh melalui penelitian adalah data empiris yang yang mempunyai kriteria yaitu memiliki validitas (derajat ketepatan antara data yang sesunguhnya terjadi pada objek dengan data yang dapat dikumpulkan oleh peneliti) selain data juga harus reliable dan objektif. Reliabel berkenaan dengan dengan derajat keajegan data dalam interval waktu tertentu sedangkan objektifitas berkenaan dengan interpersonal agreement (kesepakatan antar banyak orang)
Penelitian juga harus memiliki arah yang jelas dan secara umum tujuan penelitian terdiri dari :
Referensi :
Manajemen penelitian : suatu pengantar, Prof.Dr. Suharsimi Arikunto, 2005:1)
Metode penalitian Administrasi, prof.Dr.Sugiono, alfabeta, 2006)
Hakikat Ilmu dan penelitian ilmiah
Seringkali keingintahuannya tersebut dinyatakan dalam bentuk pertanyaan atau permasalahan. Dan setiap pertanyaan atau permasalahan itu ia mengharapkan jawaban atau pemecahan. Maka sifat manusia lainnya yang dianugerahkan adalah usaha untuk mengetahui jawaban atau memperoleh pemecahan masalah. Dan tentunya, jawaban atau pemecahan yang diperoleh tersebut adalah suatu kenyataan yang benar mengenai masalah tersebut.
Pada  hakikatnya penelitian diawali dari hasrat keingintahuan peneliti yang  dinyatakan dalam bentuk pertanyaan atau permasalahan. Setiap pertanyaan  atau permasalahan  tersebut perlu jawaban atau pemecahan. Dari jawaban  dan pemecahan  tersebut peneliti memperoleh pengetahuan yang benar  mengenai suatu masalah. Pengetahuan yang benar adalah yang dapat  diterima akal dan berdasarkan fakta empirik. Untuk memperolehnya harus  mengikuti kaidah-kaidah dan menurut cara-cara bekerjanya akal yang  disebut logika, dan dalam pelaksanaannya diwujudkan melalui penalaran..  Pengetahuan yang benar tersebut disebut juga pengetahuan ilmiah atau  ilmu. 
Dengan demikian penelitian  ilmiah adalah suatu metode ilmiah  untuk memperoleh pengetahuan menggunakan penalaran. Penalaran tersebut  dilaksanakan melalui prosedur logika deduksi dan induksi. Dengan  pengetahuan tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan, antara  lain untuk pengembangan pengetahuan dan teknologi, perencanaan  pembangunan dan untuk pemecahan masalah-masalah dalam kehidupan manusia.
Penelitian atau research berasal dari kata re dan to search yang berarti mencari kembali yang menunjukkan adanya proses berbentuk siklus bersusun yang selalu berkesinambungan.. Penelitian dimulai dari hasrat keingintahuan dan permasalahan, dilanjutkan dengan pengkajian landasan teoritis yang terdapat dalam kepustakaan untuk mendapatkan jawaban sementara atau hipotesis. Selanjutnya direncanakan dan dilakukan pengumpulan data untuk menguji hipotesis yang akan diperoleh kesimpulan dan jawaban permasalahan. Dalam proses pemecahan masalah dan dari jawaban permasalahan tersebut akan timbul permasalahan baru, sehingga akan terjadi siklus secara berkesinambungan.
Apabila seorang mahasiswa menghadapi dosen pembimbingnya dan telah mendapat tanda oke mengenai proposal skripsinya hatinya lega dan lepas stress-nya. Masalahnya kalau sang mahasiswa yang bersangkutan lekas puas dan menyusun proposal segala-galanya maka setelah proposal disetujui lalu menjadi kendor semangatnya.
Memang bagi sebagian mahasiswa persetujuan proposal sangat menggembirakan. Mereka menyadari bahwasanya baru sebagian kecil saja yang selesai. didepannya masih terbentang "hutan lebat dan pekat" yang harus dijelajahi, sehingga banyak mahasiswa yang bingung.
Borg dan Gall (1979:47) penelitian sebagai hutan yang openuh dengan lembah. barangkali saja jenis dan banyaknya pohon dan telah dikenali dengan baik namun siapa tahu diantara pohon-pohon tersebut terdapat jurang dn lembah yang tertutup reruntuhan daun dan ranting. Apa yang harus dinasehatkan padanya.
Batasan-batasan penelitian:
Penelitian adalah art and science guna mencari jawaban terhadap suatu permasalahan (Yoseph dan Yoseph, 1979)  Penelitian disebut juga cara pengamatan atau inkuiri dan mempunyai  tujuan untuk mencari jawaban permasalahan atau proses penemuan, baik itu  discovery (hasil temuan yang memang sudah ada) maupun invention (penemuan hasil penelitian yang betul-betul baru dengan dukungan fakta/kloning)
Penelitian  adalah merupakan proses ilmiah yang mencakup sifat formal (karena  terikat dengan aturan, urutan maupun cara penyajian agar memperoleh  hasil yang diakui dan bermanfaat bagi kehidupan manusia) dan intensif  (menerapkan ketelitian dan ketepatan dalam melakukan proses penelitian  agar memperoleh hasil yang dapat dipertanggungjawabkan, memecahkan  problem melalui hubungan sebab-akibat, dapat diulang kembali dengan cara  yang sama dan hasil sama
Penelitian  (menurut Kerlinger, 1986) ialah proses penemuan yang mempunyai  karakteristik sistematis, terkontrol, empiris, dan mendasarkan pada  teori dan hipotesis atau jawaban sementara.
Penelitian  adalah penerapan pendekatan ilmiah pada pengkajian suatu masalah yang  mempunyai tujuan untuk menemukan jawaban terhadap persoalan yang  signifikan, melalui penerapan prosedur-prosedur ilmiah
Penelitian  pendidikan adalah cara yang digunakan orang untuk mendapatkan informasi  yang bergunak dan dapat dipertanggungjawabkan mengenai proses  pendidikan. 
Hakikat metode penelitian
Metode penelitian sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Ada kata kunci yang perlu dipahami yaitu cara ilmiah, data, tujuan dan kegunaan.
Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian itu didasarkan pada ciri-ciri keilmuan yaitu kegiatan penelitian itu dilakukan dengan cara-cara yang masuk akal sehingga terjangkau oleh penlaran manusia (rasional), kemudian cara-cara yang dilakukan itu dapat idamati oleh indera manusia, sehingga orang lain dapat mengamati dan mengetahui cara-cara yang digunakan (empiris), dan bisa dikatakan ilmiah kalau proses yang digunkan dalam penelitian itu menggunakan langkah-langkah tertentu yang bersifat logis (sistematis)
Data yang diperoleh melalui penelitian adalah data empiris yang yang mempunyai kriteria yaitu memiliki validitas (derajat ketepatan antara data yang sesunguhnya terjadi pada objek dengan data yang dapat dikumpulkan oleh peneliti) selain data juga harus reliable dan objektif. Reliabel berkenaan dengan dengan derajat keajegan data dalam interval waktu tertentu sedangkan objektifitas berkenaan dengan interpersonal agreement (kesepakatan antar banyak orang)
Penelitian juga harus memiliki arah yang jelas dan secara umum tujuan penelitian terdiri dari :
- Penemuan, data yang diperoleh dari penelitian itu adalah data yang betul-betul baru yang sebelumnya belum pernah diketahui.
- Pembuktian, data yang diperoleh itu digunakan untuk membuktikan adanya keraguan terhadap informasi.
- Pengembangan, untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan yang telah ada.
Referensi :
Manajemen penelitian : suatu pengantar, Prof.Dr. Suharsimi Arikunto, 2005:1)
Metode penalitian Administrasi, prof.Dr.Sugiono, alfabeta, 2006)
 RSS Feed
 RSS Feed Twitter
 Twitter 4:36 AM
4:36 AM
 sheva
sheva







 
 
 
 
0 comments:
Post a Comment