MANAJEMENT PERS
Manajement {management} secara harfiyah artinya mengatur atau mengelola.Encyclopedia
Dalam Leksikon Komunikasi , pers punya banyak arti, seperti usaha percetakan atau penerbitan; uasaha pengumpulan atau penyiaran berita; penyiaran berita melalui media
Manajemen pers adalah proses pengelolaan berupa koordanasi unsure-unsur terkait dalam penerbitan pers. Fungsi manajemen pers menurut Henry Fayol, yaitu Planning, Ordanizing, Acting, da Controling {POAC}
Planning à perencanaan, yakni penyusunan atau penetapan tujuan dan aturan. Organizing à pengorganisasian berupa pembentukan bagian-bagian, pembagian tugas, atau pengelompokkan kerja. Acting à pelaksanaan kerja. Controling à pengawasan dan evaluasi hasil kerja.
Planning
Ø Persiapan SDM serta sarana dan prasarana
Ø Penyusunan atau penetapan visi, misi, nama, logo, desain halaman, pemilihan jenis huruf, dan lain sebagainya.
Ø Penyusunan rencana pemasaran, termasujk strategi penjualan, distribusi, dan sebagainya.
Organizing
Ø Pembentukkan struktur organisasi pers
Ø Penbagian tugas masing-masing bagian
Acting
Ø Semua bagian bekerja sesuai perencanaan dan pengorganisasian yang telah disusun
Ø Bidang redaksi melakukan tahapan dalam news processing, news planning, hunting, writing, layouting, lalu dilimpahkan pada bagian produksi atau percetakan
Controlling
Ø Pengawsan dan evaluasi hasil mengacu pada visi, misi, style book, kode etik jurnalistik, dan tata tertib
Ø Pemberian penghargaan dan hukuman terhadap wartawan/ karyawan
Aktifitas manajemen selama ini secara standar diterapkan pada satu susunan struktur aktifitas manajemen saja, namun berdasarkan perkembngan social yang terjadi, terutama dengan semakin majunya dunia informasi – stndarisasi aktivits manajemen pun mengalami perubahan yang menakjubkan. Aktivitas manajemen tidak hanya terpaku pada satu jalur kepentingan saja (materiel indicator), tapi menjalar keberbagai arah yang selama ni tabu untuk disentuh (inmateriel indicator). Penanganan pengelolaan aktivitas inmaterial yang selama ini merupakan bagian dari penanganan pengelolaan material, saatini justru harus dipisahkan. Menurut para ahli manajemen saat in, tanggungjawab keduanya memiliki karakter aktivitas yang sangat berbeda- yang jika dipisahkan akan menghasilkan bertambahnya nilai produktivitas didalam pengelolaan manajemen suatu instutisi.
Persiapan yang dibutuhkan untuk membuat media
v Keredaksian
SDM ‘juru tulis’ ini harus solid dan mantap
v Segmentasi Pasar
Pilih sasaran pembaca yang akan dibidik
v Jaringan Distribusi
Jaringan tertutup. Yakni pasar tradisional. Memanfaatkan jaringan pengajian, kelompok, atau perkumpulan tertentu.
Jaringan terbuka. Pasar pembacanya umum.
v Keuangan
Tidak penting, tapi POKOK
Jenis Media
l Buletin
l Koran
l Tabloid
l Digest
l Majalah
l Televisi
l Radio
l Internet
l Agency News/Features
Mengenal Pembaca
Ø Status
Single
Pasangan muda
Beranak-pinak
Ø Usia
Anak-anak
Remaja
Dewasa
Orang tua
Ø Profesi
Pelajar: TK/SD/SMP/SMU/Mahasiswa
Eksekutif
Pengusaha
Petani/Peternak
uruh/supir/pedagang kecil
Peneliti: sosial, ekonomi, science
Dokter, dosen, guru, analis kimia dsb
Ø Hiburan
Olahraga
Musik
Film
Gosip selebritis
seks
Ø Hobi
Otomotif
Sepakbola
Tanaman
Perikanan
Traveling
Ø Jenis kelamin
Pria
Wanita
Gambaran Umum Manajemen Pers
v Visi dan Strategi
Menciptakan brand image media kita. Memiliki ciri khas yang mudah diingat dan dilihat pembaca. Mengusung
v Positioning
ü Menumbuhkan fanatisme pembaca
ü Menciptakan kesetiaan pembaca
ü Menjadikan media tersebut sebagai lambang status atau “gengsi”. Mereka akan bangga membeli dan memiliki media tersebut.
Konsep kerja jurnalistik
Proses kegiatan meliput, memuat, dan menyebarluaskan peristiwa yang bernilai berita dan pandangan kepada khalayak melalui saluran media
Tiga kunci sukses
§ Sehat SDM
Tenaga-tenaga pengelola media berkualitas dan professional dibidangnya, ditunjang gaji yang memadai bagi mereka
§ Sehat manajemen
Manajemen yang baik, terencana, terarah, dan terkendali
§ Sehat sarana
Terpenuhi segala sarana / fasilitas yang diperlukan bagi kelancaran kerja di media tersebut
Daftar Pustaka
Asepsamsul.romli, jurnalistik terapan, baticpress,
Totok juroto, manajemen penerbitan pers ros dakarya,
Manajemen pers, manajemen unik oleh dejan marjuk 2008
0 comments:
Post a Comment